Cara meningkatkan Traffic Website

Cara Meningkatkan Traffic Website dengan 15 Metode Terbaik

Cari tahu cara meningkatkan traffic website secara organik menggunakan berbagai metode efektif. Salah satu alasan seseorang mendirikan web, baik itu situs pribadi maupun bisnis adalah untuk membuat kontennya banyak yang membaca dan situsnya banyak dikunjungi.

Membuat situs saja sudah mudah sekarang, dari situs berbayar sampai situs gratisan. Namun, belum tentu situs dengan pembahasan sama akan menempati ranking sama juga di Google. Kamu sebagai pengelola bisa menentukan sendiri rank situsnya dimana.

Cara Meningkatkan Traffic Website dengan 15 Metode

Ketika membuat website, merupakan hal wajar jika ingin banyak orang berkunjung ke web yang dibuat. Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan, kami akan mencoba mengulasnya satu per satu untuk bisa kamu aplikasikan:

1.      Riset Kata Kunci

Ketika membuat tulisan di dunia digital, kamu harus bersiap berkompetisi dengan banyak kreator konten lainnya. Salah satu cara menaikkan konten menjadi posisi unggul adalah dengan menerapkan kata kunci pada berbagai konten sebelum diposting.

Pencarian kata kunci ini bisa menggunakan google keyword planner untuk melihat kata kunci apa yang paling cocok untuk topik yang sedang dibahas. Kamu bisa menggunakan short tail keyword atau long tail keyword, temukan perbedaan keduanya di bawah.

2.      Gunakan Long Tail Keyword

Long tail keyword merupakan kata kunci yang menggabungkan lebih dari 3 kata untuk mengoptimasi mesin pencari. Long tail keyword ini memiliki jangkauan lebih spesifik atau targetnya lebih sempit karena informasi di dalamnya lebih detail.

3.      Gunakan Short Tail Keyword

Short tail keyword memiliki lebih banyak kompetitor dan jangkauannya lebih luas sehingga rebutan dalam menerapkan cara menaikkan ranking web. Namun, jika kamu bisa mengolahnya dengan baik dan apik maka besar kemungkinan hadir di halaman pertama.

4. Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Menggunakan LSI

LSI atau latent semantic indexing merupakan satu kata kunci dalam satu topik dimana semuanya saling berhubungan dari segi semantik. LSI digunakan untuk memvariasikan kata kunci agar tidak terkesan kaku dan seragam dengan banyak konten sejenis lainnya.

Sama halnya seperti keyword, LSI juga bisa dicari tahu diantaranya melalui dua tool, yakni LSIKeywords dan LSIGraph. Keduanya memudahkan kamu untuk menentukan variasi keyword yang lebih menarik serta tentunya sesuai dengan kebutuhan di dunia digital.

5.      Bagikan Konten ke Media Sosial

Untuk mempromosikan konten dan situs, kamu bisa membagikan link kontennya ke media sosial. Ini merupakan salah satu cara meningkatkan traffic website yang sangat membantu, terutama jika semua target tulisan kamu ada di media sosial.

Cari tahu media sosial mana yang paling potensial untuk membaca konten dari situs kamu. Buat pengantar atau caption semenarik mungkin agar pengikut di berbagai media sosial kamu mau dan tertarik untuk membuka serta membaca kontennya sampai selesai.

6.     Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Buat Visual yang Menarik

Buat visualisasi semenarik mungkin, seperti pemilihan gambar yang ukurannya sesuai dengan perangkat. Pemilihan gambar juga tidak bisa sembarangan atau tidak sesuai dengan isi konten, jangan sampai kontennya pernikahan tetapi gambarnya petualangan.

Visual yang menarik ini juga bisa disajikan dalam bentuk video atau juga infografis, sesuai kebutuhan kontennya. Selain visualisasi menarik dari segi gambar konten, desain keseluruhan situs yang menarik juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan traffic website.

7.      Pastikan Situsnya Responsif

Selain memperhatikan keseluruhan kualitas dari segi konten, pastikan juga kamu membuat tampilan situs menjadi responsif. Pada dunia yang serba digital dan cepat seperti sekarang ini, kebanyakan orang mau segala sesuatu yang faktual dan singkat.

Baca Juga : Web Tidak Responsive ? Simak Cara Membuat Website Responsive dengan 6 Cara !

8.      Mobile Friendly

Perlu dicatat juga bahwa kebanyakan orang akan mengakses situs melalui handphone, jadi pastikan tampilannya ramah dibuka pada handphone. Pemilihan panjang kata harus diperhatikan dengan baik agar tidak terkesan bertumpuk saat dibuka melalui handphone.

Baca Juga : Membuat Website Mobile Friendly dalam 12 Langkah (Pemula)

9.      Optimasi Mesin Pencari

Optimasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO) merupakan salah satu yang mendukung naiknya jumlah pengunjung ke situs. Optimasi mesin pencari ini terbagi menjadi dua, yakni seo off page dan seo on page.

Dalam hal ini sebenarnya penulis bekerja sama dengan ahli IT, dimana kapasitas penulis adalah membuat tulisan menyebut kata kunci berkali-kali tanpa terbaca aneh. Biasanya pada prinsip optimasi mesin pencari, kata kunci diletakkan di awal, tengah, dan di akhir narasi.

Baca Juga : Cara Optimasi Seo Website Anda dengan Mudah dalam 7 Langkah

10. Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Gunakan Email Marketing

Selain menggunakan optimasi mesin pencari untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs, bisa juga dengan mempromosikan langsung melalui email. Trik seperti ini sama dengan salah satu upaya dalam digital marketing untuk meraih sebanyak mungkin pengunjung situs.

Pengantar pada body email harus dibuat semenarik mungkin agar orang tidak merasa terpaksa untuk membaca isinya. Ketika harus menuju link tertentu juga tidak merasa didorong oleh orang lain, melainkan karena memang ketertarikan sendiri.

11.  Buat Konten Berkualitas

Konten berkualitas tentunya menjadi salah satu daya tarik orang mau mengunjungi situs kamu. Namun, tentunya konten berkualitas ini hanya bisa dilihat apabila kamu menerapkan prinsip optimasi mesin pencari seperti di atas.

Percuma jika isi kontennya berbobot, namun kalah ranking karena lebih banyak konten orang lain yang menerapkan prinsip optimasi mesin pencari. Terlalu disayangkan apabila dari segi isinya sudah memberikan manfaat, namun kalah karena kekurangan dari segi teknis.

Baca Juga : Panduan Membuat Konten Seo Berkualitas Untuk Website Anda

12. Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Konsisten Membuat Konten

Hal lain yang membantu situs tampil unggul menempati ranking pertama Google adalah konsisten membuat konten. Tidak ada sesuatu yang instan, sekalipun kamu menerapkan semua cara meningkatkan traffic website  secara teknis, tentu butuh proses panjang.

Segala sesuatunya membutuhkan proses dan proses tersebut pada setiap orang akan berbeda-beda. Konsisten dan sabar menunggu sambil terus menerapkan teknik penulisan yang benar merupakan sebuah cara terbaik untuk membuat situs naik ke ranking pertama.

13.  Gunakan Internal Link

Gunakan internal link untuk mempermudah orang menemukan konten maupun situs kamu. Pastikan kamu menyematkan internal link pada setiap pembahasan yang sesuai atau mirip satu sama lain agar orang terpancing untuk membaca lebih banyak.

14.  Gunakan Eksternal Link

Eksternal link ini sangat membantu, terutama jika kamu pandai mengolah kata pengantar dengan apik. Eksternal link menjadi salah satu cara meningkatkan traffic website yang tepat, selain itu kamu juga bisa mempromosikan situs lain sebagai sebuah bantuan.

15. Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Judul  Menarik

Berikutnya, pembuatan judul juga harus semenarik mungkin sebagai ajakan agar pembaca mau menuntaskan bacaan. Judul yang menarik ini membantu visualisasi dari gambar maupun video yang menjadi tampilan pertama pada saat membuka link menuju konten.

Untuk membuat judul menarik, kamu bisa riset sebanyak mungkin melalui internet. Disarankan untuk menyertakan unsur orang, apa yang terjadi, dan tempat sebagai pemenuhan atas kata kunci orang, hal, dan tempat atau lokasi kejadian.

Dua belas poin untuk membuat kunjungan ke situs meningkat di atas bisa menjadi panduan dalam membuat konten. Berbagai cara meningkatkan traffic website tersebut membantu situs kamu selalu bertengger sebagai pemenang pada halaman pertama teratas di Google.

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *